Selasa, 25 Maret 2014

Perjalanan Dami Im di X Factor

Posted in

Image source: video screenshot, retouch by Dami Army Indonesia

Perjalanan Dami Im di X Factor Australia terbilang cukup fenomenal. Sebagai kontestan yang tidak diunggulkan karena karakteristik pembawaannya yang pemalu dan canggung, ia juga sempat tersingkir dari kontes bakat tersebut di sesi bootcamp. Kemudian ia diberi kesempatan sekali lagi karena ada seorang kontestan yang lolos mengundurkan diri. Tanpa diduga oleh banyak pihak, Dami muncul di panggung live show dengan performa yang sangat bagus dimana sebagian besar penampilannya mendapatkan standing ovation dari seluruh juri. Berikut rangkuman perjalanan Dami Im di X Factor Australia 2013 mulai dari audisi sampai ia memenangkan ajang adu bakat tersebut.


Dami mengikuti audisi X Factor Australia 2013. Terlihat juri dan audience sangat tidak yakin harus berharap apa dari seseorang yang canggung dan pemalu seperti Dami. Inilah awal Dami mengejutkan publik musik Australia.



Dami lupa lirik lagu 'Jolene' yang dibawakannya (akibat terlalu nervous dan tidak percaya diri) pada sesi terpenting bootcamp untuk menentukan lolos tidaknya kontestan ke panggung live X Factor. Meskipun audience dan juri terkesan dengan suaranya, Dami 'ditendang' alias dinyatakan tidak lolos ke babak selanjutnya. Dia dipulangkan.



Seorang kontestan yang lolos, Mat Grisham, mengundurkan diri. Untuk mengisi kekosongan itu, Dami diberi kesempatan lagi untuk mengikuti X Factor dengan menghadiri home visit ke New York. Dami membuat Dannii dan Kylie Minogue terkesan. Dia lolos 3 besar untuk kategori Peserta diatas 24 Tahun.



Di bawah bimbingan Dannii Minogue sebagai mentornya, Dami membawakan lagu U2 'One' (sebuah lagu yang sama sekali belum pernah ia dengar) di live minggu pertama. Banyak yang menganggap penampilan Dami ini 'menyihir'. Hasilnya, standing ovation dari semua juri, langsung di minggu pertama!



Minggu ke-2 live show, Dami Im kembali mengguncang panggung X Factor Australia dengan penampilannya membawakan lagu legendaris Prince 'Purple Rain'. Mampu membawa lagu ini melewati tiga tingkatan not, membuat ketiga juri kembali memberikan standing ovation, dan satu juri lainnya, Ronan Keating, harus naik ke atas meja untuk memberikan applause.



Minggu ke-3, kemampuan Dami dijajal untuk membawakan genre yang berbeda dari 2 minggu sebelumnya: Disco. Dia belum pernah menyanyikan lagu berirama disco, dan tak sekalipun pernah mendengar 'Don't Leave Me This Way' nya Thelma Houston ini. Dia merendisi lagu ini dengan passion dan -sekali lagi- suara yang powerful. Hasilnya, kembali standing ovation dari keempat juri.



Pada minggu ke-4 Dami menjadi satu-satunya kontestan X Factor Australia 2013 yang tersisa dari kategori diatas 24 tahun. Dami yang selama ini lebih terbiasa dengan genre Jazz dan Ballad serta  tumbuh dengan pengaruh K-Pop, kali ini dijajal kemampuannya untuk membawakan genre Pop. Dia lulus, dan sesuai judul lagunya ('Roar' Kety Perry), ia benar-benar 'meraung'. Sekali lagi standing ovation dari empat juri.



Rock sama sekali bukan gaya seorang Dami. Namun pada rock week (minggu ke-5), ia ditantang oleh Dannii membawakan lagu band monster hard rock jebolan Nirvana, Foo Fighters, berjudul 'Best of You'. Entah untuk penghargaan terhadap Dami atau sekedar untuk menambah ketegangan, Dami yang biasanya mendapat giliran tampil paling buncit, waktu itu didapuk untuk tampil pertama membuka show. Kembali publik musik tercengang saat ia berhasil membawakan lagu tersebut menggabungkan sisi feminin suaranya dengan suara serak khas musik cadas. Standing ovation ke-5, semua juri.

Lihat penampilan Dami di panggung live shows dari minggu ke-6 sampai ia memenangkan adu bakat tersebut di Perjalanan Dami Im di X Factor Australia 2013 Part 2.

Facebook Blogger Plugin: Bloggerized by AllBlogTools.com Enhanced by MyBloggerTricks.com