Kamis, 15 Mei 2014

Dami Im: Sebuah Catatan Fans

Posted in

Dami Im dalam sebuah jumpa fans dan album signing. Photo by Kiane Anderson

Michael Myrt, author.
Saya masih ingat betul, waktu itu hari Selasa ketika anak perempuan saya datang menjemput putrinya (cucu saya) dan dengan bersemangat bercerita tentang seorang gadis muda Korea: “Dia membunuh mereka semua, Yah, di penampilan pertamanya di X Factor! Dia benar-benar membantai mereka semua!” Tadinya saya pikir dia bicara tentang Taekwondo, tapi dia tetap ngotot. Kemudian kami duduk bersama di depan computer dan saya diperkenalkan kepada Dami lewat Youtube.

Anak saya pulang, lalu saya melihat kembali video-video itu; audisi, baju hijau Dami, stocking bergambar kucing, video saat ia menyanyikan Hero, Jolene, juga jauh sebelum X Factor: Moon, Nella Fantasia, Amazing Grace….. saya terkagum-kagum. Juara! Dia tak seharusnya ada di kompetisi itu! Sampai kemudian saya mengikuti perjalanannya, memberi applause, standing ovation, kadang saya ikut mengumpat kepada juri, berharap dan berdoa untuk satu hal: kemenangannya! Dami adalah pemenang resmi X Factor Australia 2013. Permainan selesai. Hidup Putri Raja! Perayaan berakhir, kami semua pulang!

Tak berakhir disitu, saya melihat halaman Facebook Dami Im hanya untuk melihat bagaimana reaksi media terhadap hasil X Factor tersebut. Saya tak pernah menyangka bahwa saya akan jadi akrab dengan lagu yang tersedia dalam bentuk digital download, iTunes, Google Play, Instagram, VEVO, Take40, ARIA Charts, Top 30 Asia Charts, Gaon Charts, bercanda dengan seorang anak muda Argentina yang disebut “Ketua Dami Army”, berteman dengan dengan seorang yang saya panggil “Jenderal Dami Army Indonesia”, 50 tahun lebih muda dari saya, sampai kemudian saya akan bertemu dengan teman-teman fans di konser Dami.

Tak pernah saya duga, saya akan akrab dengan nama-nama perusahaan pembuat perhiasan wanita, pembuat sepatu wanita. Sekali lagi bayangkan: sepatu WANITA, bukan PRIA! Seorang tua beumur 70an, yang tiga perempat dari usia saya saat muda dulu saya membayangkan memakai celana dalam, melihat peragaan busana, memakai baju koleksi musim dingin, Alannah Hill, produk Priceline, Carla Zampatti!

Bahkan hal tentang Dami telah mengajari orang tua ini sesuatu yang baru tentang Geografi. Lewat penampilan di gereja dan festival-festival saya terbawa menjelajahi Negara ini; baik daerah maupun pusat-pusat kota, bahkan luar negeri: India! Bagian termiskin dari India. Memalukan mengingat telah bertahun-tahun sejak saya mendonorkan darah atau apapun, memberikan andil di Red Shield, Aids for Ethiopia, dan saya terhenyak menyaksikan Noah menahan air mata saat mengiringi istrinya, Dami, dengan gitar, menyanyi untuk anak-anak di sana.

Berlanjut ke Korea Selatan, wilayah Gangnam dengan pusat perbelanjaan dan gemerlap MME serta industri musiknya, saya menikmati dan mengikuti dengan seksama wawancara radio antara Dami dengan seorang host tua, percakapan selama satu jam diiringi tawa, dan saya tak mengerti sedikitpun bahasa Korea!

Selanjutnya tentang Korea Utara, negara yang sering muncul dengan isu perang nuklir! Tunggu, bukankah presiden mereka menjadi presiden karena ayahnya meninggal? Dia yang mengeksekusi paman kemudian mantan kekasihnya karena ia tidak suka tarian K-Pop nya? Namun dibalik semua cerita tentang darah dan ancaman nuklir, ada sebuah cerita kemanusiaan tentang Dami Im (Lihat reportase perjalanan Dami Im memasuki perbatasan Korea Utara untuk bertemu kerabat-kerabatnya yang tercerai-berai oleh perang Korea).

Tahukah Dami, kau lah yang memutuskan. Ingat, bahwa gerak dan memori muridmu ini telah terbatas. Maka setelah menyaksikan konsermu di Sidney Town Hall, bersedia kah kau foto bersama kami, saya dan Youla, istri yang saya cintai selama 50 tahun? Anggaplah sebagai hadiah hari jadi cinta kami setelah setengah abad.

Ditulis oleh Michael Myrt, senior fan Dami Im dari Marricville, New South Wales, Australia. Diterjemahkan dan diposkan oleh Dami Army Indonesia atas ijin yang bersangkutan. Teks asli klik disini.


Facebook Blogger Plugin: Bloggerized by AllBlogTools.com Enhanced by MyBloggerTricks.com