Senin, 24 Maret 2014

Dami Im: Biografi Singkat

Posted in

Dami Im. Photo by Juan Staden

Dami Im (dalam Bahasa Korea: 임다미, lahir 17 Oktober 1988) adalah penyanyi Australia kelahiran Korea Selatan, dikenal sebagai pemenang seri ke-5 X Factor Australia 2013. Kemudian ia menandatangani kontrak dengan Sony Music Australia dan merilis debut single-nya bertitel Alive, yang langsung menempati puncak tangga ARIA Chart. Debut album yang juga juga bertitel dirinya sendiri (‘Dami Im’), dirilis bulan November 2013 dan juga bertengger di puncak ARIA Album Chart. Dia adalah penyanyi jebolan X Factor pertama yang mengukir sejarah dengan single dan album yang menempati puncak ARIA Chart.


Dami Im kecil (kanan bawah). Foto: koleksi Dami

Dami Im lahir di Korea Selatan dan bermigrasi ke Australia di usia 9 tahun, bersama ibu dan adik laki-lakinya. Ayah Im, Dong Eal Im, tetap tinggal di Korea untuk mensupport keluarga tersebut. Orang tua Dami saat ini hidup bersama, menghabiskan sebagian waktu di Australia dan Korea Selatan.


Dami Im kecil. Foto: koleksi Dami
 
Im belajar menyanyi secara otodidak dengan menirukan dan merekam lagu-lagu artis favoritnya. Pada umur 11 tahun, dia mulai belajar di program Young Conservatorium of Music pada Griffith University. Disamping menyanyi, Im juga seorang pianis dan pemain biola. Dia pernah menjadi finalis Yamaha Youth Piano Competition serta memenangkan Nora Baird Scholarship dan Queensland Piano Competition beberapa kali. Im bersekolah di John Paul College di Daisy Hill Queensland dan lulus tahun 2005. Dia tercatat tidak pernah menyanyi semasa sekolah dan biasanya hanya mengiringi choir dengan piano, atau bermain biola untuk Silver String, grup musik di sekolahnya. Tahun 2009, Dami Im lulus University of Queensland dengan First Class Honours in a Bachelor of Music. Selanjutnya ia meneruskan menempuh Master of Arts di bidang musik modern. Sebelum mengikuti X Factor, Im adalah seorang guru musik dan piano.


Dami Im remaja. Foto: koleksi Dami

Im sempat merintis karir sebagai penyanyi gospel di Korea. Pada tahun 2010, ia merilis album studionya yang pertama, Dream, yang berisi 9 lagu. Pada Juli 2011, Im merilis kembali album tersebut dengan dua lagu tambahan (keduanya dalam bahasa Inggris). Tanggal 5 Desember 2011, Im merilis album tambahan untuk edisi Natal bertitel Snow & Carol yang berisi 7 lagu. Pada tanggal 9 Juli 2012, Im kembali merilis album tambahan keduanya berjudul Intimacy berisi 5 lagu.


Dami Im sebelum X Factor. Source: Dami Army Tumblr

Dami dikenal dengan kemenangannya yang fenomenal di ajang X Factor Australia 2013. Setelah lolos audisi dan sempat tereliminasi pada sesi bootcamp, Dami Im mengejutkan pemirsa X Factor dengan muncul sebagai kontestan kuda hitam, membawakan penampilan-penampilan yang tak terbayangkan akan muncul dari seorang Dami Im. Baca lebih lanjut tentang profil Dami Im disini.

Sumber: Wikipedia

Facebook Blogger Plugin: Bloggerized by AllBlogTools.com Enhanced by MyBloggerTricks.com